Tuesday, January 16, 2018

Mustahil Melipat Kertas Lebih dari 7 Kali

Halo, Sobat Pembelajar!

Pernah merasa bosan di sekolah dan iseng-iseng melipat-lipat kertas? Pasti pernah dong ya.. Tetapi pernah tidak kalian mencoba menghitung berapa banyak lipatan yang bisa kalian buat menggunakan kertas? 

Image result for folding paperKertas pada umumnya tidak bisa dilipat menjadi dua bagian lebih dari 6 kali. Mungkin Sobat Pembelajar bisa mendapatkan 7 kali lipatan jika jari-jari Sobat Pembelajar memiliki kekuatan yang cukup besar. 


Cobalah ambil selembar kertas, lalu lipat menjadi dua bagian berkali-kali. Berapa banyak lipatan yang bisa Sobat Pembelajar buat? 

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? 

Image result for exponential graphKertas memang tidak tebal. Tetapi perubahan ketebalannya naik secara eksponensial. Apa tuh? Eksponensial artinya sesuai dengan aturan perpangkatan. 

Banyaknya lapisan kertas berdasarkan lipatan dapat dihitung dengan rumus 2n di mana n sebagai banyaknya lipatan.

Jika Sobat Pembelajar tidak melipat kertas, artinya Sobat Pembelajar membuat 0 lipatan. Berarti jumlah lapisannya adalah 20 yaitu 1.

Jika Sobat Pembelajar melipatnya 1x, maka lapisan akan menjadi 2.
Dua kali lipatan berarti 4 lapisan. Jika diteruskan, akan menjadi 8 lapisan, 16 lapisan, 32 lapisan, dan seterusnya. Mengapa batasnya hanya 7 kali lipatan?

Bayangkan, 27 berarti kalian sudah membuat 128 lapisan! Punya buku dengan tebal 100 halaman? Sudah pernah coba melipatnya? :))

Tetapi batasan 7 lapisan berlaku untuk kertas-kertas pada umumnya, yang biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Sebuah program TV berjudul Mythbusters pernah mencoba menggagalkan mitos ini, dan mereka berhasil!

Mereka membuat 11 lipatan dengan kertas seluas lapangan sepakbola!