Saturday, January 20, 2018

Kita Selalu Melihat Masa Lalu



Halo, Sobat Pembelajar!

Pernah membayangkan hidup di masa lalu? Atau berpikir untuk memutar ulang waktu untuk melakukan hal lain daripada sesuatu yang sudah kita lakukan?

Jika Sobat Pembelajar berpikir bahwa kembali ke masa lalu itu adalah hal yang tidak mungkin, Admin Pembelajar bisa nyatakan bahwa hal tersebut kurang tepat. :D

Image result for neuron
Otak kita memiliki jarak tertentu dengan indera-indera yang kita miliki di tubuh. Impuls (rangsangan) yang terjadi pada indera-indera kita butuh waktu untuk dapat mencapai otak dan kemudian diproses. Impuls memiliki kecepatan maksimum sebesar 402 km per jam; sebagian besar lebih lambat.

Saat mata kita menerima cahaya yang masuk, impuls tersebut diteruskan oleh retina ke otak. Dan agar impuls dapat sampai ke otak, dibutuhkan waktu sekitar 80 ms (mili sekon).
Nah, dengan demikian, berarti kita hidup 80 ms di masa lalu Sobat Pembelajar! :D

Memang, 80 ms bukanlah waktu yang panjang, bahkan, tidak terasa sama sekali. Tetapi secara ilmiah, hal tersebut benar adanya, dan terjadi. Lebih lagi, semakin tinggi Sobat Pembelajar, berarti impuls yang diberikan pada kaki membutuhkan waktu sedikit lebih panjang untuk sampai ke otak dibandingan dengan orang pendek.

Berbanggalah menjadi orang pendek. Karena tidak hidup di masa yang lebih lalu :D