Friday, June 22, 2018

Singapura: Kota Singa Tanpa Singa

Halo, Sobat Pembelajar!

Image result for merlion
Apakah Sobat Pembelajar pernah ke Singapura?

Singapura adalah sebuah negara kecil yang terletak di Asia Tenggara. Walau hanya seluas 716 km persegi, Singapura merupakan salah satu negara yang paling maju di dunia. Dengan jumlah penduduk kurang lebih 5 juta orang, Singapura menjadi negara yang memiliki indeks kualitas hidup terbaik di Asia, dan kesebelas di dunia.



Nah, pernah gak sih Sobat Pembelajar bertanya-tanya, "Kira-kira kenapa ya negara itu diberi nama Singapura? Apakah di sana terdapat banyak singa?"

Ternyata pada tahun 1299, seorang pangeran dari Kerajaan Sriwijaya yang bernama Sang Nila Utama menemukan lokasi tersebut yang dulu disebut sebagai Pulau Ujung saat sedang berburu.

Pada suatu ketika, Sang Nila Utama melihat seekor hewan bertubuh merah, berkepala hitam dan berdada putih. Ia menanyakan apa nama hewan itu kepada Demang Lebar Duan, menterinya. Demang Lebar Duan kemudian memberitahu Sang Nila Utama bahwa hewan tersebut adalah singa.

Hewan tersebut dipandang sebagai pertanda baik bagi Sang Nila Utama, dan kemudian ia mengambil keputusan untuk menjadikan lokasi tersebut sebagai kota baru yang ia beri nama Singapura (Kota Singa). Para ahli mempercayai bahwa tidak ada singa yang hidup di Singapura pada waktu itu, dan mereka meyakini Sang Nila Utama melihat seekor harimau Malaya, bukan singa.