Wednesday, January 17, 2018

1/2 + 1/4 + 1/8 + 1/16 + 1/32 + ... = 1


 Halo, Sobat Pembelajar! 



Pernah mendapatkan soal matematika tentang deret? Untuk Sobat Pembelajar yang sudah SMP ke atas, pastinya sudah pernah dong ya. Untuk Sobat Pembelajar yang sudah SMA, malah sudah mendapat deret tak hingga.

Apa itu deret tak hingga? Singkatnya, itu adalah sebuah deret yang tidak memiliki suku terakhir. Banyak sukunya tak hingga.

Walaupun deret tersebut tidak memiliki suku akhir, tetapi beberapa deret tak hingga memiliki hasil loh. Kok bisa? Lengkapnya kita bahas di lain waktu ya.

Image result for 1/2 1/4 1/8 pattern gifDeret tak hingga ada yang bersifat konvergen dan divergen.
Deret konvergen memiliki hasil, karena setiap sukunya semakin kecil, hingga mendekati suatu nilai tertentu. (konver-gen = convert = diubah [ke hasil tertentu]).
Deret divergen sebaliknya, tidak memiliki hasil, karena setiap sukunya semakin besar, yang artinya hasilnya tidak bisa ditentukan karena semakin banyak sukunya, nilainya akan semakin besar.

Nah, deret 1/2 + 1/4 + 1/8 + 1/16 + ... adalah salah satu deret yang konvergen. Kok bisa sih hasilnya satu? Nih, ada visualisasinya.

Kotak tersebut dibagi-bagi menjadi dua secara terus-menerus, sehingga menghasilkan nilai 1/2, 1/4, 1/8, 1/16, dan seterusnya.



Apabila semua suku di dalam kotaknya dijumlahkan sebanyak tak hingga, maka akan semakin mendekati sebuah kotak utuh. Nah, kotak itu kan ada satu.